Tasman Al Buton Kesibukan Sebagai Seorang Kepala Desa di Buton Selatan dan Pengajar disekolah, masih memantaskan diri untuk menulis. Ayo Teman-teman menulis.

4 Jenis Tipe Pemuda

2 min read

4 TIPE PEMUDA

Pemuda masa kini adalah tim perubahan masa yang akan datang. Banyak para ilmuwan mengatakan bahwa, untuk melihat perkembangan kedepan lihatlah pemuda sekarang. Bila pemuda sekarang mempunyai dedikasi yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu, maka perkembangan kedepan akan lebih unggul.

Demikian pula sebaliknya, bila pemuda sekarang mengalami penurunan moral dan kualitas dalam bertindak. Yakinlah, perkembangan sebuah peradaban kedepan akan mengalami kemerosotan. Bung Karno pernah menyampaikan sebuah pidato yaitu berikan aku sepuluh pemudah untuk menggunjang dunia. Pemuda yang dimaksud adalah pemuda yang mempunyai dedikasi tinggi dalam bertindak dan melakukan terobosan-terobosan baru. Bukan pemuda yang hanya berdiam diri menerima takdir apa adanya.

para ilmuwan

Baca Juga: Cerpen – Aku Juga Beriman 40%

4 Tipe Pemuda

Ada 4 tipe pemuda yang dapat kita pelajari dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya yaitu.

1. Ada tipe pemuda yang peduli tapi tidak cerdas

Pemuda ini adalah pemuda yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap lingkungannya. Namun kelemahannya tidak mempunyai konsep yang matang untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Apapun kegiatan dilakukan oleh lingkungannya selalu ikut andil dalam mengembangkan lingkungannya. Hampir semua kegiatan di ikutinya, walaupun kadang dia hanya menjadi seorang pengikut saja. Bukan seorang penggagas. Pemuda yang seperti ini kadang menempatkan dirinya sebagai pendorong saja, bukan sebagai konseptor.

Pemuda ini bekerjanya tanpa adanya pertimbangan yang matang. Apapun yang direncanakan oleh masyarakat beliau selalu setujuh. Tak ada evaluasi, yang terpenting adalah ia peduli terhadap apa yang dikembangkan oleh lingkungannya. Semangatnya berapi-api dalam bekerja untuk menciptakan terobosan-terobosan. Namun kadang gagal dalam bekerja. Padahal seharusnya kita berfikir dulu baru bertindak. Bukan berfikir lalu tak bertindak.

Baca Juga:  Belajar Dari Titik Air

2. Ada tipe pemuda yang cerdas tapi tak peduli

Pemuda ini adalah pemuda cerdas. Banyak sekali ilmu yang kita dapatkan dari pemuda ini. Kritik dan sarannya selalu ada demi mengembangkan sebuah peradaban. Dia ahli konseptor, tapi ketika di ajak untuk turun mensukseskan kegiatan, dia hilang entah kemana.

Pintar mengkritik, namun malas untuk bekerja. Retorikanya sangatlah bagus, seolah-olah dialah pelaku yang mengembangkan sebuah pekerjaan. Namun kenyataannya belum ada karya yang diciptakannya. Pemuda ini adalah pemuda yang cerdas mengkritik, namun apabila diberikan tanggungjawab dia tidak amanah. Bahkan lebih parahnya yaitu tidak mempedulikan amanah yang diberikan oleh masyarakat.

Pemuda ini cocoknya ditugaskan sebagai konseptor, namun tak layak untuk di tugaskan sebagai pelaku dalam mengembangkan pekerjaan. Pemuda ini adalah pemuda cerdas, namun justru kecerdasannya dapat mengkerdilkan dirinya.

pemuda

Baca Juga: Cerpen – Ku Kejar Mimpi Jadi Bintang

3. Ada pemuda tidak cerdas dan tidak peduli.

Pemuda ini adalah pemuda yang tidak cerdas dan tidak peduli. Pemuda inilah yaitu pemuda yang hanya menghabiskan oksigen di dunia ini. Bahkan boleh jadi menjadi pemuda yang penghambat perubahan. Diberikan pekerjaan tidak mau bekerja, di minta saran dan kritiknya tidak ada. Hanya diam dan tak menciptakan karya. Pemuda ini adalah pemuda yang hanya menghabiskan makanan di dunia ini. Kehadiranya dan ketidak hadirannya yaitu sama saja.

Dilahirkan maupun tidak dilahirkan tidak mempunyai efek sama sekali terhadap lingkungannya. Pemuda ini adalah pemuda yang hanya menambah daftar pengangguran di Indonesia. Dan hanya menambah jumlah penduduk di negeri ini.

4. Ada pemuda yang cerdas dan peduli

Pemuda inilah pemuda yang pernah disampaikan oleh Bung Karno dalam pidatonya yaitu Berikan aku 10 pemuda, maka akan kugunjang dunia. Pemuda inilah yang diharapkan oleh negara. Pemuda inilah yang menentukan peraban kedepan. Pemuda inilah yang diharapkan oleh seluruh bangsa di dunia ini.

Baca Juga:  Filosofi Lebah Dalam Islam

Pemuda cerdas dan peduli terhadap lingkungannya. Mempunyai gagasan yang bagus untuk menciptakan peradaban yang baik. Dan mau bekerja dengan kualitas yang baik untuk menciptakan peradaban yang baik. Cerdas yang peduli, pemuda ini yang bakal menjadi penerus para pejuang.

Kira-kira, kita ini masuk di pemuda tipe yang mana ya?. Yuk intropeksi diri masing-masing.

Tasman Al Buton Kesibukan Sebagai Seorang Kepala Desa di Buton Selatan dan Pengajar disekolah, masih memantaskan diri untuk menulis. Ayo Teman-teman menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *