Bila Mencari Jodoh Tak Kunjung Datang, Intropeksi Dirilah

  • Whatsapp
BILA JODOH TAK KUNJUNG DATANG

Jodoh itu rahasia Allah, namun akan menjadi rahasia Allah bila manusia tidak ingin berusaha mencari jodoh itu. Ikhtiar juga perlu dalam mencari jodoh. Kan tidak mungkin kita hanya menunggu orang datang melamar. Alhamndulillah yang datang itu sesuai dengan kriteria yang di inginkan, bila tidak sesuai gimana, apakah kamu menerimanya atau menolaknya. Yuk marilah kita intropeksi diri bila jodoh tak kunjung datang terus.

Nikah itu adalah amanah yang Allah muatkan dalam firman-firmanNya. Allah akan memasangkan antara laki-laki dan perempuan dalam dekapan ijab qabul. Dengan menikah, maka keturunan hamba-hambaNya akan berlangsung berkembang setiap tahunnya.

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan ( mempergunakan ) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan ( peliharalah ) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (QS. An- Nisa : 1 )

Bukan saja ayat di atas masih banyak ayat lain yang menegaskan tentang Allah menciptakan makhluknya berpasang-pasangan.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ( Ar-Rum : 21 )

mencari jodoh
by. pixabay.com

Baca Juga: Hidup Seperti Secangkir Kopi

Bila kita bicara nikah itu amanah dan sekaligus tanggung jawab. Maksudnya yaitu seorang laki-laki di berikan amanah oleh mertuanya untuk menafkahi istri dan anak-anaknya, baik secara lahir maupun bathin. Sedangkan sang istri mempunyai tanggung jawab atau kewajiban membuat suaminya terasa nyaman dan anaknya mendapatkan belah kasih sayang.

Baca Juga:  Cemburu Nya Allah Ta'ala

Bicara amanah dan tanggung jawab. Allah akan memberikan kepada orang-orang yang akan mampu memegang amanah itu. Kemampuan manusia berbeda-beda. Ada yang mampu membangun rumah tangga tapi tak mampu mempertahankannya sampai mati. Adapula yang mampu mempertahankannya sampai ajal memisahkan mereka.

Yuk marilah kita intropeksi diri karena jodoh tak kunjung-kunjung datang. Mungkin Allah belum mempertemukan dengan jodohmu karena persiapan-persiapanmu belum mantap untuk mendapatkan jodoh itu. Jangan sampai keburu diberikan jodoh, namun keburu pula bubarannnya. Jangan sampai kamu juga belum mampu secara mental dan tanggung jawab untuk memegang amanah itu. Walaupun secara keinginan sudah ingin sekali. Allah maha tahu apa ada di hati hambaNya.

Dan Allah juga maha tahu kemampuan hambaNya. Maka persiapkan dulu dengan matang, perbanyak belajar ilmu agama dan perkara tentang rumah tangga. Lalu perbanyak berdoa sambil ikhtiar. Perlahan-lahan Allah akan memberikan jodohmu dalam kondisi yang tepat dan kamu sudah siap secara lahir maupun bathin membina rumah tangga dengan pasanganmu.

Maka intropeksilah diri anda, bila kamu menginginkan jodoh yang baik. Perbaiki dulu diri anda, apakah anda sudah pantas untuk mendapatkan jodoh terbaik atau belum. Atau justru kamu belum pantas mendapatkan jodoh itu dari Allah SWT. Yuk cek kepribadian kamu.

marilah kita intropeksi diri
by. pixabay.com

Baca Juga: Stop! Jangan Baper Dulu, Kekasihmu Yang Kamu Cintai

  1. Sudahkan kamu sholat wajib lima waktu sehari semalam secara konsisten, bagi laki-laki sholatnya di masjid
  2. Sudahkan kamu memperbanyak sholat sunah.
  3. Sudahkan membaca al qur’an setiap harinya satu juz
  4. Sudahkan kamu menghafal al qur’an sekurang-kurangnya surah-surah pendek.
  5. Sudahkan kamu bertetangga dengan baik
  6. Sudahkah kamu bersedekah
  7. Sudahkan kamu menuntut ilmu agama maupun ilmu yang lainya lebih banyak lagi
  8. Sudahkan kamu mencari nafkah dengan halal
  9. Sudahkan kamu menghormati orang lain
  10. Sudahkan kamu melaksanakan puasa wajib sebulan penuh.
  11. Sudahkan kamu memperbanyak puasa sunah
  12. Sudahkan kamu berzikir siang dan petang
Baca Juga:  Pagi Di Rumput Laut

Bila kita belum melaksanakan sebagian dari kegiatan ini. Maka sungguhlah wajar, Allah akan menunda jodohmu. Mungkin kamu akan mengatakan bahwa kamu sudah mampu memegang amanah itu, namun menurut Allah belum bisa engkau memegang amanah sehingga Allah menundahkan dulu, setelah kamu sudah mantap, barulah Allah akan memberikan amanah.

Maka intropeksilah diri anda. Bila doanya sudah mantap, maka ikhtiarnya juga haruslah mantap. Kita bisa memetik hikmah di dalam film “Ketika Cinta Bertasbih” ada seorang aktor utama bernama Abdullah Khairun Azam. Ia mencari jodohnya sangatlah berlika-liku. Ia persiapkan dirinya dengan matang. Ilmunya sudah matang, usahanya sudah matang, mencari jodohnya juga sudah matang, doanya sudah matang.

Tapi masih diberikan cobaan juga. Ibunya harus meninggal dunia, harus ditolak lamarannya beberapa kali wanita, bahkan yang sudah diterima lamarannya pun harus meninggalkan dirinya ketika dia mengalami kecelakaan. Namun ia tetap ikhtiar, ia yakin bahwa Allah masih menyimpankan satu bidadari ciptaaNya dari triliunan bidadari yang DIA ciptakan. Pada akhirnya Allah mempertemukan dia dengan seorang gadis idamannya yaitu Ana Alfatunisa.

Yuk bagi yang jomblober, janganlah menyerah mencari jodoh . Tetap semangat, yakinlah bahwa Allah masih menyiapkan jodoh yang terbaik buatmu. Namun Allah belum mempertemukannya dengan engkau, sampai Allah akan mempertemukan kalian dalam kondisi yang tepat dan suasana yang bahagia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *