Pertimbangkan ini Sebelum Meminjamkan Uang Kepada Teman Anda

1 min read

Meminjamkan Uang Kepada Teman

Salah satu masalah uangz paling sulit yang harus Anda lalui adalah ketika seseorang yang Anda cintai atau kerabat dekat anda datang dan meminta Anda untuk meminjam uang. Atau jika Anda melihat seseorang yang Anda cintai mengalami kesulitan finansial dan Anda ingin meminjamkan uang kepada mereka untuk membantu.

Sebagaimana yang sering kita lihat adalah bahwa orang-orang yang sangat peduli dan bijaksana dibutakan oleh keinginan mereka untuk membantu, dan tidak dengan hati-hati mempertimbangkan konsekuensi dari membuat pinjaman: untuk diri mereka sendiri dan penerima. Itu hanya dapat menyebabkan sakit hati dan masalah keuangan yang lebih besar.

Sebelum Anda menawarkan untuk meminjamkan uang kepada siapa pun, pastikan Anda dapat lulus dari Tes Pinjaman 3 langkah dari Ahli Finansial:

1. Apakah pinjaman benar-benar membantu orang ini? 

Apakah mereka memerlukan pinjaman karena beberapa masalah yang tidak terduga, misalnya masalah kesehatan, PHK atau karena mereka telah membuat keputusan buruk dengan uang dan memiliki lubang besar untuk digali (hutang)? Jika yang terakhir, saya tidak berpikiran untuk meminjamkan uang orang itu pasti akan membantu.

Oh, tentu saja, uang Anda mungkin membantu mereka melunasi sejumlah tagihan, tetapi jika mereka tidak menghargai uang, Anda dan saya sama-sama tahu bahwa mereka mungkin akan jatuh ke dalam lebih banyak masalah uang. Sebelum Anda pernah meminjamkan uang kepada seseorang yang telah membuat keputusan buruk di masa lalu, Anda perlu diyakinkan bahwa mereka telah mulai mengambil langkah-langkah untuk menjadi bertanggung jawab dengan uang.

Meminjamkan Uang
Gambar oleh Raten-Kauf dari Pixabay

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang Secara Online

2. Bisakah Anda secara jujur ​​mampu membantu? 

Anda tidak akan pernah mengurangi tabungan darurat Anda sampai pada titik yang menempatkan keamanan finansial Anda sendiri dalam risiko. Jadi Jika anda pikir bahwa anda memang lagi sempit atau memang itulah sisa tabungan anda, maka saya harap anda jangan lakukan itu.

Baca Juga:  Inilah 5 Ide Bisnis Terbaik Tahun 2019

3. Apakah Anda merasa nyaman memikirkan uang itu sebagai hadiah, bukan pinjaman? 

Saya percaya semua pinjaman harus dibayar kembali. Begitulah cara peminjam menunjukkan rasa hormat mereka. Tetapi dari sudut pandang keuangan, jika Anda benar-benar membutuhkan uang untuk dilunasi pada tanggal tertentu, saya akan mempertanyakan apakah Anda harus memberikan pinjaman.

Ketika Anda memberikan uang kepada seseorang yang Anda cintai, saya tidak perlu memberi tahu Anda seberapa tinggi taruhan emosionalnya. Menambahkan lapisan stres keuangan berbahaya. Pikirkan tentang faktor “bagaimana jika“. Bagaimana jika pinjaman itu tidak dilunasi? Bukan saja itu merupakan hit finansial, tetapi kemungkinan akan menimbulkan ketegangan luar biasa pada hubungan dengan seseorang yang Anda cintai.

Tes yang bagus untuk Anda adalah bertanya pada diri sendiri apakah Anda akan baik-baik saja, secara emosional dan finansial — apakah pinjaman itu benar-benar hadiah yang tidak pernah dilunasi. Jujurlah pada dirimu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *